Sabtu, 08 Desember 2012

Pelayanan SIM Keliling (khusus Perpanjangan) di Bekasi



Mobil Pelayanan SIM Keliling
Bagi rekan-rekan yang bermukim di kota Bekasi dan sekitarnya, yang mau memperpanjang masa berlaku Surat Ijin Mengemudi (SIM) A dan/atau C, silahkan menggunakan layanan SIM Keliling. Bagi yang ber-KTP kabupaten Bekasi tidak masalah, asalkan SIM lama Anda adalah keluaran dari Kepolisian Resort Kota (Polresta) Bekasi.


Mobil Pelayanan SIM Keliling (khusus perpanjangan) biasa mangkal di depan Giant Hypermart, Mega Bekasi, seberang gerbang tol Bekasi Barat. Waktu operasionalnya adalah setiap Selasa dan Sabtu, jam 19.00 - 21.00 WIB.
Tarifnya walaupun tidak terlihat atau dipajang di poster (papan pengumuman), tetap lebih murah daripada mengurus di Polresta Bekasi. Tukarkan saja dengan Rp. 110.000,- maka SIM yang baru sudah berpindah tangan.

Foto, Cap Jempol & Tanda tangan, langsung di-print

Syaratnya mudah. Dari rumah atau yang langsung dari kantor, siapkan saja fotocopy SIM Lama sebanyak 2 buah dan KTP 1 saja. Lampirkan dengan SIM lama anda, serahkan ke petugas yang ada di dalam mobil. Petugas tersebut akan men-staples fotocopy-an itu beserta SIM lama anda ke sehelai formulir yang nantinya Anda harus isi. Jangan lupa bawa pulpen!  Isilah dengan lengkap data Anda, dan bila sudah diisi kembalikan formulir ke petugas dan tunggulah sampai nama Anda dipanggil untuk difoto, cap jempol kanan dan membubuhkan tanda tangan serta mengkonfirmasi data Anda. Bila tidak ada kekeliruan, langsung SIM tersebut di-print dan Anda diminta membayar biaya perpanjangan. Setelah lunas, SIM diserahkan dan biasanya juga diberikan lapisan anti-gores (menempelnya nanti saja setiba di rumah).

Sambil ngantri, di"arsip" dulu
Saya sudah mencoba pelayanan SIM keliling pada Selasa malam, tanggal 20 November 2012 kemarin, pas SIM C saya akan berakhir keesokan harinya. Ohya, sekedar menegaskan bagian awal tulisan ini, KTP saya made in Kabupaten Bekasi, namun SIM lama saya diproduksi oleh Polresta Bekasi.  Dan dari awal penyerahan berkas hingga selesai, proses perpanjangan SIM tersebut hanya memakan waktu sekitar 20 menit saja.  Di depan saya ada 4 orang pengantri.  Cukup cepat, tidak berbelit-belit dan murah.

Sebelumnya saya pernah membuat SIM A dan C di Polresta Bekasi, namun pelayanannya menyebalkan, karena sepertinya saya justru diarahkan ke oknum petugas (calo). Mau mengurus sendiri malah dipersulit. Sudah begitu kena "getok" 400 ribu per item, tanpa bisa ditawar-tawar.

Adanya Mobil Pelayanan SIM Keliling tersebut membawa angin segar di tengah sesaknya birokrasi dan maraknya pungli.  Jadi rekan-rekan, selamat menikmati kemudahan di dalam memperpanjang SIM Anda di Pelayanan SIM Keliling.

8 komentar:

  1. itu jadwalnya udah pasti pak selasa dan sabtu malem?btw thx yah infonya, membantu sekali, nyari info di website sama telpon langsung ke samsat bekasi aja kaya ogah2an

    BalasHapus
  2. itukan th.2012. kalau sampai dengan tahun sekrang 2016. masih ada tidak ya? Tolong dibls..

    terimakasih

    BalasHapus
  3. tenang...just info sim keliling yg di giant bekasi jadwalny sabtu malam mulai jam 18:00 ...

    BalasHapus
  4. masih ada kok... dateng ja tiap sbt mlm persis dpn burger king giant bekasi

    BalasHapus
  5. artikel menarik
    jadi tahu tempat sim sekarang
    terima kasih ya

    BalasHapus
  6. Wah kebetulan sim A saya abis tgl 16 senin depan bln ini /mei. Pasti ada gak bak mlm mgg... mhn infoy..tks

    BalasHapus
  7. kalau sy di kab. bekasi bisa ga ya di bekasi kota untuk perpanjangannya, trim y

    BalasHapus
  8. Kalau bisa di kab.bekasi sabtu malam juga ada biar mudah kalau bisa di SGC cikarang, Trim

    BalasHapus