Senin, 25 Oktober 2010

Makanan Tersehat Sedunia

Kalau dipikir-pikir bagaimana orang-orang tua dulu bisa hidup sampai usia lanjut dan sepuh, ternyata disebabkan oleh makanan.  Mereka belum kenal dan dicemari burger, french fries, dan kawan-kawan yang sekarang disebut fast-food.  Malah sekarang dicap makanan sampah (junk food) karena tidak seimbangnya nilai gizi.  Nah ketika melihat sebuah artikel dari Live Health, saya tertarik untuk menterjemahkan secara bebas dan mempostingnya, karena makanan-makanan yang sehat ini ternyata tidak sulit untuk didapatkan dan harganya tidak semahal yang dibayangkan.  Semoga postingan ini berguna dan kita mengubah pola makan lebih sehat dari sebelumnya dengan mengolah bahan makanan di bawah ini sesuai dengan selera kita.
1. Berries (Buah Berry)
Semua buah berry mengandung sedikit gula dan tinggi serat.  Blueberry berguna untuk meningkatkan memory, raspberry serta strawberry penuh dengan asam ellagic, suatu antioksidan yang berguna untuk anti kanker.



2. Beans (Buncis)
Buncis adalah sayur yang mengandung serat yang sangat tinggi, dan berguna untuk mengontrol berat, mencegah atau menangani diabetes dan gula darah, dan juga mencegah kanker usus dan mencegah serangan jantung.  The National Institute of Medicine merekomendasikan konsumsi 25-38 gr serat/hari.  Rata-rata orang Amerika hanya mengkonsumsi serat 4-11 gr/hari. 
1 mangkok buncis menyediakan 11-17 gram.


3. Nuts (Kacang-kacangan)
Penelitian tentang diet dan kesehatan menunjukkan bahwa memakan kacang-kacangan beberapa kali dalam seminggu, ternyata mengurangi resiko serangan jantung dan sakit jantung 30-50% lebih rendah.  Hanya 1 ons kacang almond, walnuts, kacang kemiri 3 sampai 5 kali seminggu dan lihatlah hasilnya.

4. Wild Salmon (Ikan Salmon)
Ikan adalah makanan anti-aging yang utama.  Ikan seperti salmon, sardine, mackerel dan hering mengandung lemak omega 3 yang melindungi otak dan jantung, meningkatkan mood dan menurunkan tekanan darah dan triglycerides.


5. Raw Milk (Susu)
Raw Milk adalah susu yang tidak dipasteurisasi, susu organic yang dihasilkan dari sapid dan mengandung zat anti kanker CLA (conjugated linolenic acid) yang setara dengan vitamin, mineral dan bakteri yang menguntungkan seperti Lactobacillus acidophilus.
6. Grass-Fed (Daging)
Daging dari sapi grass-fed memiliki banyak perbedaan struktur dengan daging yang biasa di supermarket.  Kaya dengan omega 3, rendah omega 6s dan mengandung CLA yang anti kanker.  Sumber protein dan B 12 yang baik, serta berasal dari sapi yang tidak mengandung antibiotik, (disuntik) steroid dan hormon seperti yang biasa ditemukan dari peternakan sapi feedlot.

7. Eggs (Telur)
Dianggap sebagai makanan paling alami, telur kaya akan protein dan relatif rendah kalori.  Kuning telurnya mengandung  choline, nutrisi terpenting untuk otak, sebaik lutein dan xeazanthin, dua nutrisi kritikal untuk kesehatan mata.


8. Apples (Apel)
Apel membuat dokter bangkrut, dan juga mencegah kanker paru-paru, diabetes dan asma.  Apel mengandung 5 gr serta dan kaya nutrisi termasuk vitamin K untuk tulang dan nutrisi anti radang guercetin.  Dan untuk mengontrol selera makan, makanlah apel ½ jam sebelum makan besar.



9. Onions and Garlic (Bawang bombay dan Bawang putih)
Dalam sejumlah studi, mengkonsumsi onion dan garlic menunjukkan efek perlindungan terhadap pencernaan, prostat dan kanker pencernaan.  Bersama brokoli, teh dan apel, bawang mengurangi resiko kematian akibat serangan jantung hingga 20%.


10. Pomegranate Juice (Jus Pome)
Disebut sebagai “Viagra alami” oleh para periset di Universitas Tel Aviv, jus pome berisi antioksidan. 
Penelitian menunjukkan  jus pome dapat menormalkan tekanan darah dan penyumbatan di pembuluh darah.  Penelitian terbaru mengindikasikan jus pome juga menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Mengkonsumsi jus pome 4-8 ons/hari sangat direkomendasikan.

11. Green Tea (Teh Hijau)
Meskipun semua teh baik untuk kita, namun teh hijau memiliki keunikan kimianya yang dapat mencegah kanker.  Sekarang sedang dikembangkan bahwa teh hijau menolong kita dari bermacam-macam kanker, seperti: kandung kemih, usus, pencernaan, pancreas, rectum dan lain-lain.  Dan juga teh hijau menolong untuk mengontrol berat badan.


Sumber dari LiveHealthClub © 2009



1 komentar:

  1. untung bacanya waktu makan siang... he he he...

    klo blogku pastinya seputar dunia sulap:
    http://gospelmagician.blogspot.com/

    BalasHapus